Uji TOEIC Direktorat SMK

 

Program Fasilitasi Ujian Sertifikasi Internasional Kemampuan Bahasa Inggris dengan TOEIC dari Direktorat SMK

 

Pemerintah melalui Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan (DSMK) membuka peluang bagi SMK di seluruh Indonesia untuk memperoleh bantuan sertifikasi internasional melalui program SMK English Challenge 2020—Fasilitasi Ujian Sertifikasi Internasional Kemampuan Bahasa Inggris dengan TOEIC bagi Siswa SMK.Program tersebut telah dilaksanakan sejak tahun 2016 dengan cakupan quota penerima program yang meningkat dari tahun ke tahun dengan harapan akan lebih banyak siswa SMK di Indonesia yang tersertifikasi secara internasional dan dapat merasakan manfaatnya saat nanti sudah terjun di dunia kerja.

 

SMKN 1 Binangun telah mengikutsertakan sebanyak 524 siswa untuk mengikuti seleksi VIERA dan yang diumumkan lolos seleksi ada sejumlah 181 siswa.  Sebelum para siswa menjalankan ujian  bahasa Inggris internasional dengan TOEIC, ada periode Pembelajaran yang diberikan oleh tim Fasilitasi Sertifikasi TOEIC selama kurang lebih satu bulan.  Kami para guru sebelumnya juga diberikan Bimbingan Teknis terkait cara mengajar TOEIC yang efektif ke siswa. Selama periode Pembelajaran, siswa bisa mengikuti sesi video conference dengan ETS Approved Facilitator—Ibu Hafilia dan tim melalui webex dan live streaming YouTube. Paket materi pembelajaran dan persiapan TOEIC juga diberikan dalam bentuk materi Google Classroom dan TOEIC Practice Book-Digital Version agar siswa-siswa kami siap menghadapi ujian.

 

Pada tanggal 19 dan 23 Oktober 2020, SMKN 1 Binangun melaksanakan Sertifikasi TOEIC bagi siswa kami  yang lolos seleksi. Ini adalah pengalaman pertama bagi SMKN 1 Binangun untuk mengikuti program SMK English Challenge. Oleh karena itu, kami begitu antusias. Mulanya, kami hanya mengikutsertakan 30 siswa untuk mengikuti program ini. Di luar dugaan, dari 30 siswa yang mengikuti seleksi di tahap pertama, 29 anak dinyatakan lolos karena berhasil mencapai level intermediate bahkan advance. Karena hal itu, kami sangat antusias untuk mengikutsertakan semua siswa kelas XII pada seleksi gelombang kedua. Kami berupaya semaksimal mungkin dalam menyosialisasikan program ini kepada siswa-siswa kami. Kami berupaya dengan sungguh-sungguh mempersiapkan siswa untuk menghadapi Ujian Sertifikasi Internasional Kemampuan Bahasa Inggris dengan TOEIC ini. Dengan keterbatasan fasilitas yang kami punya, kami rasa SMKN 1 Binangun telah melaksanakan program SMK English Challenge 2020 ini dengan baik dan lancar. Total 181 siswa yang lolos menjadi pemicu semangat guru-guru SMKN 1 Binangun untuk mengkuti Ujian Sertifikasi Internasional Kemampuan Bahasa Inggris dengan TOEIC. Itu dibuktikan dengan semangat guru dan karyawan SMKN 1 Binangun dalam berebut 18 kesempatan yang kami dapatkan karena sejumlah 181 siswa kami yang lolos.

 

Kami sangat bersyukur dan beruntung karena pada akhirnya kami, SMKN 1 Binangun bisa mengambil kesempatan untuk berpartisipasi dalam program SMK English Challenge 2020 ini. Program ini benar-benar menjadi penyemangat bagi kami, terutama guru mata pelajaran Bahasa Inggris untuk bisa mengajarkan dan mengingatkan kepada siswa-siswa kami pada khususnya dan rekan-rekan guru serta karyawan akan pentingnya ketrampilan berbahasa inggris. Kami berharap untuk bisa kembali berpartisipasi dalam program ini tahun depan, dan semoga akan lebih banyak lagi siswa-siswi kami yang lolos untuk mengikuti Ujian Sertifikasi Internasional Kemampuan Bahasa Inggris dengan TOEIC.

 

Dokumentasi Kegiatan:

 

atau lihat di :http://smkn1binangun.sch.id/galleridetail/TOEIC-2020

 

Back to News

Berita Terbaru

SMK English Challenge 2020

Isi

Web Resmi SMK N 1 BINANGUN

Hubungi Kami

Jl. Lapangan, Rt.04 Rw.02, Desa Jati, Kec. Binangun, Kab. Cilacap, Jawa Tengah
+62811 261 3264
smkn1binangun@yahoo.co.id

© 2018-2020